Jumat, 26 Agustus 2016

SBSM 34



SBSM?? PANTANG TUGAS TAK TUNTAS!!!
1982 2016


 
Dalam kondisi terburuk, hal yang membuatmu bertahan bukanlah seberapa besar kekuatan mental dan fisikmu, tetapi seberapa besar persiapanmu untuk melewati kondisi-kondisi itu. (menurut apa yang diilhami penulis selama di SBSM). 


34’th SBSM’s Annivesarry 

Lebih dari seperempat abad yang lalu tepatnya 34 tahun yang lalu terbentuk sebuah organisasi, sebuah kesepakatan untuk membentuk satuan tugas untuk kebencanaan. Organisasi ini  bernama SATGAS KBSM (Satuan Tenaga Sukrela Karya Bhakti Sosial Mahasiswa). Motto “Pantang Tugas Tak Tuntas”, organisasi ini mengabdikan dirinya di bidang Kebencanaan. Setelah lima tahun berlalu, pada 1987, eksistensi organisasi ini mulai diakui STKS sebagai salah satu UKM di STKS dan direorganisasi menjadi SBSM.
Pengabdian membutuhkan pengetahuan dan keterampilan khusus. Pengetahuan dan keterampilan yang dimaksud berkenaan dengan kepalangmerahan, kepencintaalaman, dan pekerjaan sosial dengan bencana. Bidang-bidang tersebut merupakan sub-sub yang harus dikuasai dari bidang kebencanaan.
Semua itu selama 34 tahun,
SBSM mengabdi…
 
Four Action For Environment
Tema yang diangkat dalam rangka memperingati ulang tahun SBSM adalah “Four  Action For Environment” yang berisi rangkaian kegiatan yang berkaitan dengan pekerjaan sosial, lingkungan hidup, dan pengabdian masyarakat. Rangkaian kegiatan dibuka dengan kegiatan ceremonial pada hari H (1 April 2016).

1st
Salah satu kegiatan tersebut telah dilaksanakan pada 10 April 2016. Kegiatan tahunan “Clean Our Curug Dago (COCD)”, merupakan kegiatan tahunan SBSM berupa kerja bakti yang dilakukan di area wilayah Curug Dago, sungai Cikapundung. Tahun ini kegiatan dilakukan melibatkan partisipasi masyarakat setempat dan BEM STKS Bandung sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan hidup. Acara ini ditutup dengan penyerahan simbolik beberapa tong sampah pada pengurus RT/RW setempat.
  
2nd
Kedua, adalah acara Seminar Kebencanaan dengan tema “Kesiapsiagan Bencana Masyarakat sebagai Bagian dari Adaptasi Terhadap Perubahan Iklim”. Pelaksanaan kegiatan ini adalah pada tanggal 12 April 2016. Seminar ini mengundang pembicara Dr. Puji Pujiono dari UN ESCAP yang juga anggota SBSM, dan Ir. Bernardus Wisnu Widjaja, M.Sc, dari BNPB. Pembahasan tema tersebut dimoderatori oleh Milly Mildawati, Ph.D selaku ketua Pusat Kajian Bencana dan Pengungsi (PUSKASI) STKS yang juga termasuk anggota SBSM. Antusiasme mahasiswa dan dosen, tidak hanya dari STKS saja tetapi juga universitas lainnya sangat besar. Sayangnya, untuk beberapa alasan kami membatasi kuota peserta seminar.  
 


3rd
Selanjutnya, Lomba Lintas Bersih Kota (LOLISTA) yang dilaksanakan pada pagi hari di 24 April 2016. Lomba ini diikuti oleh anak-anak perwakilan dari SMP se-kota Bandung. Lomba ini dilakukan dengan dua tahap, pertama peserta harus berjalan melintasi jalur-jalur yang telah ditentukan, kemudian harus memungut sampah yang ditemui. Kedua, peserta harus menampilkan kreativitas karya yang berasal dari sampah atau barang bekas.

4th
Terakhir merupakan puncak acara, dilaksanakan pada hari yang sama dengan LOLISTA, tepatnya pada petang harinya. Kegiatan ini adalah Konser Amal dengan menampilkan GARNIDA STKS, UKm band STKS, dan Band STKS (pegawai), juga menghadirkan Yuki Passband dan 57kustik. Hasil penjualan tiket pada acara ini digunakan untuk membantu biaya pembuatan sanitasi di kelurahan Cibeunying. Karenanya, kami turut mengundang ketua STKS dan jajarannya, pengurus kelurahan Cibeunying sebagai perwakilan, relasi-relasi SBSM dari MAPALA (Mahasiswa Pecinta Alam) dan KSR (Korps SukaRelawan) PMI, dan anggota juragan di SBSM.

   


 

Sponsored By:

Selasa, 23 Februari 2016

SBSM and my “Orange”

Sekilas tentang SBSM

Satuan Bhakti Sosial Mahasiswa (SBSM) pada awalnya bernama Satuan Tenaga Sukarela Karya Bhakti Sosial Mahasiswa (SATGAS KBSM), merupakan  suatu organisasi yang bergerak di bidang kemanusiaan dan pengabdian masyarakat dengan motto “PANTANG TUGAS TAK TUNTAS”.
SBSM sebagai salah satu unit kegiatan mahasiswa atau organisasi yang terbentuk dengan latar belakang kebencanaan. SBSMberada di bawah naungan Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung, juga mempelajari dan menerapkan pengetahuan, skill , serta nilai-nilai dalam kepalangmerahan dan kepecintaalaman sebagai penunjang kegiatan kemanusiaan dan pengabdian masyarakat khususnya dalam penanggulangan bencana dengan pekerjaan sosial sebagai pedoman utamanya.

Pengurus SBSM Periode 2015/2016

My “Orens”
Orens atau jingga merupakan warna yang selalu muncul disaat hari menjelang pagi dan pada saat menuju senja. Warna yang mengawali hari untuk lebih ceria dan bersemangat, warna yang menutup hari dengan harapan yang baru untuk esok hari. Dalam psikologi, orens melambangkan ikatan yang terbentuk karena rasa careness : rasa saling peduli dan saling memahami yaitu persahabatan. Beberapa orang menyatakan orens adalah ‘kemanusiaan’, hal yang sangat selaras dengan bidang SBSM sendiri. Lebih dari itu dengan tetap adanya organisasi ini dengan warna ‘orens’nya, kami sangat berharap keberadaan kami dapat bermakna di masyarakat dan dapat memberikan manfaat positif khususnya dalam penanggulangan bencana, baik pada saat pra-bencana, tanggap darurat, maupun pasca bencana.
Orens dengan semangat “PANTANG TUGAS TAK TUNTAS membuat SBSM mempersiapkan anggotanya meski dalam kondisi terburuk dapat mengatasi masalah sendiri dan menyelesaikan tugas dengan tuntas dan pantas. SBSM dengan semangat orensnya dan motto “PANTANG TUGAS TAK TUNTAS telah melakukan kegiatan khususnya dari divisi pelayanan sosial yang melibatkan pihak luar  dan partisipasi umum. Diantaranya adalah :
ª       Donor Darah, rutin dilakukan setiap tiga bulan sekali di kampus STKS Bandung hingga kepengurusan saat ini. Terakhir telah dilakukan pada tanggal 28 Januari 2016, dengan jumlah pendonor yang melebihi target. 



ª  Kampung Siaga Bencana Cibeunying

ª  Dan, tunggu apa selanjutnya...


To Help People 
To Help Themselves


"Pantang Tugas Tak tuntas!!!"-SBSM




Jumat, 23 Oktober 2015

WISATA ALAM GUNUNG BONGKOK

Hallo sahabat SBSM… kita bakal ngenalin salah satu destinasi alam Indonesia yang mempesona dan keren bangeeett…
Yap ! kita mau ngenalin gunung bongkok.  Gunung Bongkok adalah salah satu wisata alam yang patut untuk dikunjungi bagi para traveler yang menyukai pemandangan alam dari atas puncak gunung.. Lokasinya di purwakarta lebih tepatnya  berada di desa Cikandang, Kecamatan Sukamulya Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Kalian pasti bakal havefun lihat pemandangan alam yang bisa manjain mata. Tempat ini cocok buat kalian yang pengen ngilangin penat kuliah atau kerja, refreshing bareng doi, atau berlibur bareng keluarga, teman atau sahabat kalian. Jelajahin gunung bongkok ini pasti ga bakalan rugi. Daripada kalian penasaran kita bakal ngasih gambaran dikit tentang gunung bongkok. Cekidot..
Nahhh .. Gunung ini merupakan bukit batu yang memiliki ketinggian 975 mdpl, kita ga  butuh waktu yang lama buat sampe ke puncaknya, jarak tempuh dari kaki gunung  menuju  puncak gunung Bongkok dapat ditempuh dalam waktu dua jam. Meskipun ga terlalu tinggi, namun gunung bongkok memiliki jalur pendakian yang cukup sulit dengan jalur tanah dan bebatuan yang sedikit berbahaya terlebih lagi saat musim hujan.


Gunung Bongkok punya dua puncak, yaitu  Puncak Batu Tumpuk, yang berada di ketinggian 975 mdpl dan juga puncak kedua yang dinamakan dengan Datar Bongkok atau Puncak Batu Datar.
Diatas puncak kita bakal lihat pemandangan yang luaarr biasaaa indahnya.  Selain itu juga  keindahan alam Purwakarta bisa kita nikmati. Pokonya gabakalan rugi deh kalo maen kesini. Soalya masih banyak pemandangan yang dapat kita nikmati dari puncak Bongkok kayak Waduk Jatiluhur, Gunung Parang, perkampungan warga sekitar serta pemandangan-pemandangan lain yang wow banget deh..

Wisata alam Gunung Bongkok banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun manca negara terutama di hari-hari libur. Biasanya mereka mendaki pada pagi hari setelah subuh biar bisa nikmatin sun rise dari atas puncak. Nah.. Jika kita mau bermalam di sana, ada tanah lapang yang dapat digunakan buat tempat mendirikan tenda bareng temen, keluarga, atau bareng doi. Kalo kalian gabawa enda atau alat-alat camp lainnya, jangan takut sob… soalnya disana juga disediain tempat   tempat camp di area pos Munclu di ketinggian 666 mdpl, selain itu juga pengelola gunung bongkok menyewakan saung dan rumah pohon yang bisa dijadiin tempat buat bermalam.
          Bagi kalian pecinta rock climbing, Gunung Bongkok juga bisa dijadiin tempat buat manjat.  soalnya gunung bongkok terdiri dari  bukit batu. Keren kaaan…
Yaaa walaupun ga sepopuler Gungung Parang siih..  tebing Gunung Bongkok kini juga udah  banyak dilirik oleh para climbers yang ingin membuka jalur pemanjatan maupun yang ingin merasakan sensasi baru memanjat di tebing Gunung Bongkok.
Jenis batuan di Gunung Bongkok adalah batuan andesit yang keras dan cukup licin untuk dipijak karena memiliki sedikit celah dan pijakan. Tapiii.. bagi para climbers,  hal itu justru jadi  tantangan tersendiri loooh buat manjat hingga ke puncaknya. Seruuu kaaan..

Bagi kalian yang tertarik buat nikmatin indahnya gunung bongkok, atau pengen kesana … yuk gabung bareng barudak SBSM … 

Dan bagi kalian penikmat alam yuuuk kita bareng bareng jelajahin gunung bongkok dan temukan hal hal baru..
come on gabung bareng SBSM dan rasakan sensasi serunya manjat gunung bongkok..

 By:- Fajar Khoirotunnisa, N. Tanty A.S., Afriyadi

Selasa, 01 September 2015

PANTANG TUGAS TAK TUNTAS !!! SBSM SHARING “5 kegiatan Sejuta Makna” 


PANTANG TUGAS TAK TUNTAS !!!

SBSM SHARING  “5 kegiatan Sejuta Makna”  J

Pengalaman barudak kece SBSM ketika mengisi waktu luang. Yups! Kita sebut aja “barudak” yaaa… Mulai Desember 2014 sampai Februari 2015. Let’s see guys!

FIRST
KEGIATAN  KESIAPSIAGAAN, PELATIHAN DAN SIMULASI PENANGGULANGAN BENCANA UNTUK MENINGKATKAN KESIAPAN DAN KEWASPADAAN DINI DALAM MENGATASI BENCANA

Tugas barudak di kegiatan yang diselenggarakan oleh KODIM 0618/BS ini adalah sebagai pelatih DAMKAR untuk melakukan Vertical Rescue. Kegiatan kece ini dihadiri oleh banyak perangkat masyarakat Bandung. Mulai dari Kang Emil, BPBD JABAR, DAMKAR, TNI, POLISI, MAPALA, PMI, TAGANA, KARANG TARUNA, Sekolah dari SD sampai SMA dan perangkat masyarakat Bandung lainnya. Hmmmm,, dan kadang disini kami merasa cool!!  (Haha, bukan sedih yaaa :P)


SECOND
“LOKA AVONTUR” Adventure Travel terrkece Indonesia bekerja sama dengan SBSM dalam acara Pelatihan Panjat Tebing dengan konsep “Fun Climbing” di Tebing Citatah 125.
Di acara ini barudak melatih dan mengawasi orang-orang yang menggunakan jasa adventure travel Loka Avontur untuk melakukan panjat tebing. Selain panjat tebing, fun rafting dan fun hiking juga bisaa loooh…..
                                THIRD 
Yaaaa, kalo yang pertama ‘n kedua tadi dari divisi kepecintaalaman, sekarang kita mau sharing kegiatan dari divisi kepalangmerahan.. Check it out!

FOURTH
Yang ini masih inget kaan? “Show Your Love with Share Your Blood”
Rencananya sih, donor darah ini diadain bertepatan sama Valentine’s Day (tapi hari itu PMI penuh, terpaksa diganti… haha, yaudahlah yaa..)
Kece badai kaan, kegiatannya barudak drpd nongkring” geje.. yuk join sama barudak!
 

Eeeeiitts, nothing the last guys! Let’s see another, next time…. PTTT!!! J 



Minggu, 18 Januari 2015

PANTANG TUGAS TAK TUNTAS!! SBSM @BANJARNEGARA


hellooooo guys!
SBSM is back!!!

SBSM mengakhiri akhir tahun 2014 di lokasi pasca bencana longsor di Banjarnegara nihh....


nahh ini dia kondisi pasca bencana longsor Banjarnegara pada tanggal 20 desember 2014


daaan nggak sendirian loh SBSM turun ke lokasi bencana. SBSM bergabung dengan tim relawan sosial anak dari panti Al Baar Bandung. Kali ini SBSM bergabung dengan Tim RSA membentuk tim terapis psikososial.


keren nih kegiatannya, hahaha


dan ini salah satu gambar ketika relawan kami memberikan terapi psikososial pada korban bencana longsor Banjarnegara. Tidak semua warga di terapi sihh, kami para relawan mencari dan mendatangi warga yang benar-benar mengalami trauma berat akibat bencana longsor yang cukup besar dan banyak juga memakan korban.


Alhamdulillah kegiatan kita ini berjalan sangat lancar dan apa yang kami lakukan disana bisa sangat bermanfaat bagi masyarakat , hal ini juga berkat masyarakat disana yang menyambut kami dengan ramahnya serta memperlancar kegiatan kami disana. 
Terimakasih warga Banjarnegara
Terimakasih Tim Relawan Sosial Anak Panti Al Baar Bandung
Terimakasih dosen-dosen STKS yang mendukung kami
Terimakasih teman-teman SBSM, PANTANG TUGAS TAK TUNTAS!!

Kamis, 13 Februari 2014

Pantang tugas tak tuntas,,,!!!
seperti biasa kegiatan tahunan SBSM setelah melaksanakan DIKLATSAR, kami sebagai pengurus SBSM saat melaksanakan kegitan tersebut yaitu LANTAP (latihan pemantapan),
 Untuk menjadi anggota penuh SBSM semua peserta harus mengikuti kegiatan tersebut, nah hari ini kegitan lantap sudah berjalan selama hampir 2 minngu, kegiatan lantap tersebut berjalan dengan lancar dan seperti yang panitia inginkan, dan untuk kabar selanjutnya tunggu postingan ,,

Minggu, 04 November 2012


LATIHAN DASAR PENANGGULANGAN BENCANA TAHUN 2012 SEKOLAH TINGGI KESEJAHTERAAN SOSIAL BANDUNG

Pantang Tugas Tak Tuntas ...!!!
Seperti tidak asing lagi dilingkungan Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial Bandung, seragam yang berwarna orange campur hitam dilengkapi dengan celana PDL yang juga berwarna hitam, menandakan bahwa mahasiswa/i STKS Bandung sedang mengikuti kegiatan Latihan Dasar Penanggulang Bencana (LATSAR-PB). 
Kegiatan ini merupakan agenda tahunan STKS Bandung, dalam rangka menyiapkan para mahasiswa/i STKS Bandung untuk menghadapi bencana serta mampu menanggulanginya. Bencana memang tidak bisa dicegah, akan tetapi resiko dari bencana bisa diminimalisir tentunya dengan pengetahuan dan keterampilan.
LATSAR-PB tahun ini, dimulai dengan pemberian materi tentang kebencanaan di kampus STKS Bandung pada tanggal 31 Oktober 2012 dan dilanjutkan dengan pembelajaran di lapangan (PBB, Tendanisasi, Dapur Umum, Simulasi Bencana, dll.) yang berlokasi di Bumi Perkemahan Kiara Payung Sumedang, Jawa Barat.
Anggota SBSM dalam Kegiatan LATSAR-PB 2012
Seperti tahun sebelumnya, Satuan Bhakti Sosial Mahasiswa STKS Bandung ikut terlibat dalam kegiatan yang dimaksud. SBSM-STKS Bandung menugaskan sebanyak 14 Orang, sebagai pembimbing kelompok dan tim kesehatan.
Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari dengan didukung oleh kondisi cuaca yang baik. Kegiatan ini pun diakhiri dengan acara penutupan pada tanggal 3 November 2012. Lelah yang dialami tidak sebanding dengan ilmu yang di dapatkan, semoga dapat berguna di tengah-tengah masyarakat demi kemanusiaan. Untuk lebih jelasmya, kunjungi link berikut : 
http://www.stks.ac.id/index.php?option=com_content&view=article&id=164:latihan-dasar-penanggulangan-bencana-2012&catid=35:berita&Itemid=62