Minggu, 04 November 2012


LATIHAN DASAR PENANGGULANGAN BENCANA TAHUN 2012 SEKOLAH TINGGI KESEJAHTERAAN SOSIAL BANDUNG

Pantang Tugas Tak Tuntas ...!!!
Seperti tidak asing lagi dilingkungan Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial Bandung, seragam yang berwarna orange campur hitam dilengkapi dengan celana PDL yang juga berwarna hitam, menandakan bahwa mahasiswa/i STKS Bandung sedang mengikuti kegiatan Latihan Dasar Penanggulang Bencana (LATSAR-PB). 
Kegiatan ini merupakan agenda tahunan STKS Bandung, dalam rangka menyiapkan para mahasiswa/i STKS Bandung untuk menghadapi bencana serta mampu menanggulanginya. Bencana memang tidak bisa dicegah, akan tetapi resiko dari bencana bisa diminimalisir tentunya dengan pengetahuan dan keterampilan.
LATSAR-PB tahun ini, dimulai dengan pemberian materi tentang kebencanaan di kampus STKS Bandung pada tanggal 31 Oktober 2012 dan dilanjutkan dengan pembelajaran di lapangan (PBB, Tendanisasi, Dapur Umum, Simulasi Bencana, dll.) yang berlokasi di Bumi Perkemahan Kiara Payung Sumedang, Jawa Barat.
Anggota SBSM dalam Kegiatan LATSAR-PB 2012
Seperti tahun sebelumnya, Satuan Bhakti Sosial Mahasiswa STKS Bandung ikut terlibat dalam kegiatan yang dimaksud. SBSM-STKS Bandung menugaskan sebanyak 14 Orang, sebagai pembimbing kelompok dan tim kesehatan.
Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari dengan didukung oleh kondisi cuaca yang baik. Kegiatan ini pun diakhiri dengan acara penutupan pada tanggal 3 November 2012. Lelah yang dialami tidak sebanding dengan ilmu yang di dapatkan, semoga dapat berguna di tengah-tengah masyarakat demi kemanusiaan. Untuk lebih jelasmya, kunjungi link berikut : 
http://www.stks.ac.id/index.php?option=com_content&view=article&id=164:latihan-dasar-penanggulangan-bencana-2012&catid=35:berita&Itemid=62 

Jumat, 02 November 2012



GELAR RELAWAN BADAN NASIONAL PENANGGULANGAN BENCANA (BNPB) TAHUN 2012

Pantang Tugas Tak Tuntas ...!!!
Peserta Gelar Relawan 2012 SBSM - STKS Bandung
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Republik Indonesia, tahun ini kembali mengadakan kegiatan "Gelar Relawan". Sama halnya dengan tahun-tahun sebelumnya, hanya saja kegiatan kali ini dilaksanakan di Kota Serang Provinsi Banten, dengan jumlah peserta 600 orang lebih yang terdiri dari unsur Masyarakat, Pemerintahan, TNI/POLRI, Organisasi Kemanusiaan, Perusahaan Negeri /Swasta, Perguruan Tinggi, dll.
Satuan Bhakti Sosial Mahasiswa Sekolah Tinggi Kesejaheraan Sosial (SBSM-STKS) Bandung, sebagai salah satu organisasi yang bergerak dalam bidang kemanusiaan, menugaskan sebanyak 10 orang anggotanya sebagai peserta dalam kegiatan yang dimaksud, sekaligus mewakili STKS Bandung.
Kegiatan yang dimulai pada tanggal 30 Oktober 2012 ini turut dihadiri oleh Wakil Gubernur Banten, Bapak H. Rano Karno. Beliau dalam sambutannya mengajak para relawan untuk selalu berupaya menambah kapasitas diri berupa  keterampilan dalam hal penanggulangan bencana. Selanjutnya dilanjutkan dengan acara Sarasehan Relawan Penanggulangan Bencana serta pemberian materi seputar kebencanaan.
Besoknya, tepat tanggal 31 Oktober 2012 kegiatan dimulai dengan senam pagi bersama dan apel pagi sebelum para peserta menghabiskan waktu dalam tenda klaster yang telah dibagi (SAR, Logistik, Dapur Umum, Psikososial, Posko, Informasi, dll.) untuk melakukan diskusi klaster. Beriringan dengan acara ini, Kegiatan Bhakti Sosial yang berupa donor darah dan pengobatan gratis juga ikut dijalankan.
Hari terakhir pun tiba, tepatnya pada tanggal 1 November 2012 kegiatan kembali dilanjutkan berupa tabur bunga di makam pahlawan dan penanaman mangrove sebagai wujud kepedulian. Panasnya kota Serang semakin berarti ketika sudah dipenghujung acara, ketika masing-masing mengucapkan salam perpisahan antar para relawan. Kelak akan bertemu kembali mungkin di suasana bencana atau di tempat lain, semangat untuk kemanusiaan...!!!